TRANSLATE (Choice Your Language)

Tips Agar Olahraga Lebih Termotivasi

wanitaKUsehat

Olahraga seharusnya sudah menjadi bagian gaya hidup Anda. Spesialis kedokteran olahraga, dr Grace Tumbelaka, SpKO, menyarankan olahraga dilakukan dengan rumus frequency, intensity, time, and type (FITT).

Frekuensi olahraga yang tepat adalah tiga hingga lima kali setiap minggu. Intensitasnya 60-80 persen dari denyut nadi maksimal. Menghitung denyut nadi maksimal adalah 220 dikurangi usia Anda. Sedangkan waktu (time), idealnya lakukan olahraga 25 - 45 menit nonstop.

Keinginan berolahraga boleh jadi ada dalam daftar resolusi hidup sehat Anda. Namun menjaga semangat dan motivasi untuk konsisten menjalankan rumus FITT tadi seringkali naik turun.

Dorongan dari dalam diri perlu diciptakan untuk rutin berolahraga. Buat diri Anda ketagihan olahraga. Memangnya bisa? Bisa dong, ini dia kuncinya.

Studi pada jurnal internasional seputar aktivitas fisik dan asupan nutrisi menunjukkan bahwa Anda akan lebih termotivasi berolahraga jika telah menjadikannya sebagai citra diri. Artinya Anda perlu membangun citra diri yang sehat dan bugar agar semangat berolahraga tetap terjaga.

"Orang akan lebih konsisten menjalani olahraga jika melihat kegiatan fisik ini sebagai bagian dari identitasnya," kata peneliti yang juga ketua penulis studi tersebut, Lindsay Duncan, PhD.

Banyak cara untuk mempertahankan motivasi berolahraga. Membeli dan mengenakan pakaian olahraga yang tepat dengan jenis latihan adalah salah satunya. Selain itu, update saja status di jejaring sosial yang menggambarkan aktivitas olahraga Anda. Pengalaman berolahraga yang Anda bagi di facebook misalnya, semakin mengukuhkan citra diri untuk tetap fit dan bugar. Selain itu juga mendorong orang lain untuk melakukan aktivitas menyehatkan bersama Anda.

Menjalani olahraga dengan teman dan keluarga lebih menyenangkan dan menambah semangat kan?

KOMPAS

Popular Posts

Popular 30 days

Add to Google Reader or Homepage

Powered by FeedBurner

I heart FeedBurner

review http://wanitakusehat.blogspot.com/ on alexa.com

Popular All time

free counters

  ©wanitaKUsehat - Todos os direitos reservados.

Template by Dicas Blogger | Topo