TRANSLATE (Choice Your Language)

Mengatasi Gangguan Napas Anak

Bila si kecil tiba-tiba sulit bernapas dan napasnya mengeluarkan bunyi.. ngik..ngik..., pasti orang tua akan sangat cemas dan panik. Kondisi seperti ini tidak hanya mengkhawatirkan orang tua tetapi juga menakutkan bagi si anak. Melihat dari bunyi napasnya dapat disimpulkan si anak tadi menderita Asthma.

Asthma adalah penyakit saluran napas yang ditandai oleh 3 hal yaitu menciutnya saluran napas, pembengkakan selaput lendir saluran napas, dan pengeluaran lendir yang berlebihan. Ketiga hal ini menyebabkan penyempitan saluran napas. Sehingga menyebabkan anak merasa sesak dan saat mengeluarkan napas terdengar suara ngiik..ngiik, suara ini disebut sebagai Wheezing atau mengi. Biasanya selalu disertai batuk. Sesak yang berkepanjangan akan menyebabkan warna kebiruan disekitar mulut karena disebabkan kekurangan oksigen.

Sebetulnya gejala asthma tidak selalu sesak napas, Asthma yang ringan bisa terlihat sebagai batuk saja, tetapi batuknya khas yaitu periodik, variasi, dan reversibel. Periodik yaitu timbulnya pada waktu tertentu misalnya musim hujan, malam hari, makan makanan tertentu, atau bila stres.
Variasi yaitu sering timbul malam hari sedangkan siangnya tidak ada gejala.
Reversibel artinya bisa hilang timbul dengan atau tanpa pengobatan.
Biasanya pada keluarga terdapat riwayat asthma atau alergi. Ini merupakan faktor genetik.

Faktor Pencetus.
adalah faktor yang memudahkan timbulnya asthma. Apalagi bila ada faktor genetik semakin mudah faktor pencetus ini timbul. Apa saja faktor pencetus yang sering menjadi penyebabnya.
Beberapa faktor pencetus asthma :
Binatang terutama yang berbulu (jadi sebaiknya tidak memelihara binatang).
Aktivitas fisik yaitu olah raga atau lari-lari.
Bahan kimia semprot.
Tepung sari bunga.
Perubahan suhu.
Infeksi virus misalnya flu.
Tungau debu rumah.
Asap terutama asap rokok.
Obat (aspirin).
Emosi atau masalah psikologis.
Makanan tertentu, misalnya coklat ,es, kacang-kacangan, cemilan anak (krn zat pengawet, zat warna, atau bumbu penyedap dapat berperan juga)

Jadi , orang tua harus berusaha mengenali pencetus asthma pada anaknya. Bila tidak berhasil, kadang-kadang diperlukan tes alergi.

Pengobatan.
Selain menghindari faktor pencetus tadi, pengobatan pada asthma bertujuan melebarkan saluran napas, mengurangi pembengkakan, mengencerkan serta mengeluarkan lendir.
Dibagi menjadi pengobatan pereda ( diberikan pada waktu serangan sesak napas ) dan pengobatan untuk pengendali (diberikan tiap hari meskipun tidak ada serangan bertujuan untuk mencegah asthma).
Pengobatan pereda dapat berupa sirup, tablet atau hisapan. Biasanya dari golongan beta agonis yaitu salbutamol, terbutalin, dll. Bisa juga obat golongan kortikosteroid yaitu methyl prednisolone(relatif aman), prednisone, triamcinolone, dll. Hati-hati pemakaian kortikosteroid jangka panjang dapat menimbulkan retensi air, sehingga anak menjadi gemuk dan wajahnya membulat (full moon face)dan gangguan pertumbuhan tulang.
Untuk pengendali biasanya campuran antara kortikosteroid dan beta agonis dengan masa kerja panjang contohnya campuran fluticasone dan salmeterol atau campuran budesonide dan formoterol.

Bila dengan pengobatan, sesak tidak mereda atau malah bertambah sesak bawa segera anak ke rumah sakit atau dokter terdekat, karena kekurangan oksigen dapat berbahaya.

Popular Posts

Popular 30 days

Add to Google Reader or Homepage

Powered by FeedBurner

I heart FeedBurner

review http://wanitakusehat.blogspot.com/ on alexa.com

Popular All time

free counters

  ©wanitaKUsehat - Todos os direitos reservados.

Template by Dicas Blogger | Topo